suspensi
Suspensi (suspension) adalah mekanisme yang dipasang diantara body dan roda yang berfungsi untuk menciptakan kestabilan kendaraan (nyaman dan aman).
Unsur kestabilan kendaraan ada dua :

  1. Stabil pengendaraannya (kenyamanan)
  2. Stabil arah kendaraan (keamanan)
Penempatan suspensi :

  1. Suspensi depan
  2. Suspensi belakang
Faktor faktro yang mempengaruhi kestabilan kendaraan :

  • Lebar body kendaraan
  • Lebar roda kendaraan
  • Diameter roda kendaraan
  • Tinggi pusat gravitasi kendaraan
  • Kekakuan pegas
Suspensi rigid :

  • adalah suspensi yang tidak memungkinkan roda kiri bergerak bebas terhadap roda kanan atau gerakan roda kri dapat mempengaruhi gerakan roda kanan. cth : truck, bus.
Suspensi independen :

  • adalah suspensi yang memungkikan gerakan roda kiri tidak mempengaruhi gerakan roda kanan atau gerakan roda kiri dan gerakan roda kanan saling bebas.
Komponen suspensi :

  1. Pegas (spring)
  2. Shock absorber
  3. Upper arm
  4. Lower arm
  5. Stabilizer
  6. Batang torsi
  7. Batang strut
  8. Batang kontrol
  9. Batang lateral / sway bar
Fungsi masing masing komponen suspensi :

  • Pegas (spring) berfungsi untuk menimbulkan ayunan pada body mobil saat mobil melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang.
  • Shock absorber berfungsi untuk meredam ayunan yang ditimbulkan oleh pegas dalam waktu secepatnya.
  • Upper arm berfungsi untuk menimbulkan ayunan roda pada bagian atas atau tempat dudukan knuckle arm bagian atas.
  • Lower arm berfungsi untuk menimbulkan ayunan roda pada bagian bawah.