Beginilah Cara Memeriksa Dan Merawat Starter Sepeda Motor

Starter merupakan alat yang berfungsi sebagai penggerak awal mesin. ada dua macam jenis starter motor, yang pertama kick starter / starter manual, kick starter ini perlu bantuan tenaga manusia. Dan yang kedua starter elektrik yang dioperasikan dengan tenaga listrik.
Untuk kali ini kita akan membahas bagaimana cara memeriksa dan merawat motor starter. Berikut langkah langkah untuk memeriksa dan merawat motor starter:

  1. Pertama tama lepas motor starter dari mesin dan bongkar setiap bagian bagiannya. Amati terlebih dahulu letak komponen komponennya sebelum membongkarnya.
  2. Setelah itu periksa komutatornya, jika komutator kotor, bersihkan komutator dengan amplas halus sampai bersih. Setelah komutator sudah bersih, ukur diameter komutator dan bandingkan hasilnya dengan standar diameter komutator dari pabrik.
  3. Kemudian, cek kontinuitas antarsegmen pada komutatornya (untuk pengecekan ini diperlukan multitester). Jika setelah dicek tidak ada kontinuitas antarsegmennya, berarti komutator tersebut sudah harus diganti.
  4. Selanjutnya, ukurlah panjang sikat menggunakan jangka sorong dan bandingkan hasilnya dengan standar panjang sikat dari pabrik.
  5. Lalu periksalah bearing, seal, dan o-ring nya, jika sudah rusak atau aus, gantilah dengan yang baru.
  6. Jika semua sudah dilakukan, rakit kembali seperti semula.
  7. Coba operasikan/nyalakan motor starternya, apabila tidak mau bekerja tapi bunyi klik terdengar, ada kemungkinan karena baterai kosong, kabel ada yang putus, atau terminal terminal ada yang longgar. Jika tidak mau bekerja dan tidak ada suara klik, kemungkinan swith magnetnya sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru.
Sekian informasi tentang cara memeriksa dan merawat starter sepeda motor dari OTO K2, semoga bermanfaat, dan nantikan informasi informasi perting tentang dunia otomotif selanjutnya, terima kasih.

Post a Comment

0 Comments