chassis
Sistem Suspensi
Sistem suspensi terletak diantara roda dan body kendaraan yang dirancang untuk kenyamanan dan kestabilan laju kendaraan.
Fungsi :
- meredam getaran, oskilasi dan kejutan dari permukaan jalan
- menopang body dan beban kendaraan
- menjamin roda menapak ke jalan dengan baik
- suspensi rigid (kaku)
- suspensi independent (bebas)
Jenis - jenis oskilasi :
- pitching adalah bagian depan dan belakang bergoyang naik dan turun bergantian
- rolling adalah kendaraan cenderung terguling ke samping
- bouncing adalah bagian depan dan belakang bergerak naik dan turun secara keseluruhan
- yawing adalah bagian depan dan belakang bergerak secara bergantian ke kanan dan ke kiri
Pengelompokan suspensi berdasarkan letak konstruksi :
- suspensi depan : suspensi berada dibagian depan kendaraan dengan fungsi tambahan untuk membelok
- suspensi belakang : suspensi berada dibagian belakang kendaraan
Post a Comment
0 Comments