Sistem suspensi terletak diantara roda dan body kendaraan yang dirancang untuk kenyamanan dan kestabilan laju kendaraan.

Fungsi :
  • meredam getaran, oskilasi dan kejutan dari permukaan jalan
  • menopang body dan beban kendaraan
  • menjamin roda menapak ke jalan dengan baik

Pengelompokan suspensi berdasarkan karakteristik :
  • suspensi rigid (kaku)
  • suspensi independent (bebas)


Jenis - jenis oskilasi :
  • pitching adalah bagian depan dan belakang bergoyang naik dan turun bergantian
  • rolling adalah kendaraan cenderung terguling ke samping
  • bouncing adalah bagian depan dan belakang bergerak naik dan turun secara keseluruhan
  • yawing adalah bagian depan dan belakang bergerak secara bergantian ke kanan dan ke kiri


Pengelompokan suspensi berdasarkan letak konstruksi :
  • suspensi depan : suspensi berada dibagian depan kendaraan dengan fungsi tambahan untuk membelok
  • suspensi belakang : suspensi berada dibagian belakang kendaraan