Macam Macam Rantai Pemindah Daya Pada Mesin

Rantai Pemindah Daya Pada Mesin

Rantai sebagai pemindah daya pada mesin dapat dibedakan menjadi lima macam, yaitu sebagai berikut:

1. Rantai Gall
Rantai Gall terdiri dari keping keping rantai dan pin engsel. Keping keping dihubungkan satu dengan lainnya oleh pin secara hubungan engsel.

2. Rantai Bus (Bos)
Rantai Bus dibuat seperti rantai Gall, tetapi dengan tambahan bus/bos(selubung silinder) pada pin engsel. Gerakan engsel terjadi antara bus dengan bidang luar pen dan bukan antara keping rantai dengan leher pin seperti pada rantai Gall. Dengan demikian rantai bus lebih tahan terhadap tekanan bidang.

3. Rantai Bus Rol
Rantai bus rol dibuat seperti rantai bus, tetapi dilengkapi dengan tambahan bus kedua. Pin diselubungi oleh dua bus. Bus dalam terikat dengan keping rantai, sedangkan bus kedua dapat berputar bebas diluar bus pertama. Rantai bus rol lebih tahan terhadap tekanan bidang, dan tahan gesekan.

4. Rantai Kait Pin
Bagian bagiab dari rantai semacam ini terdiri dari kepingan kepingan berbentuk garpu dengan pin yang disatukan dan mempunyai bagian kait yang dapat disambungkan satu dengan yang lainnya. Rantai semacam ini banyak dipakai pada mesin mesin pertanian dengan jarak (mata rantai) sekitar 30mm - 38mm.

5. Rantai Morse
Rantai morse terdiri dari susunan keping keping rantai berbentuk gigi dan dengan jumlah susunan(lebar) keping b sama dengan lebar roda rantai. Keuntungan rantai morse adalah menghasilkan gerakan yang stabil tanpa suara pada kecepatan rendah maupun pada kecepatan tinggi, sehingga disebut silent chaint. Sedangkan kekurangan rantai morse adalah kontruksinya lebih sulit, harga lebih mahal, dan memerlukan pemeliharaan yang lebih teliti.

Post a Comment

0 Comments