Jangka Geser / Jangka Sorong

Jangka geser digunakan untuk mengukur diameter luar, diameter dalam, dan kedalaman lubang. Alat ini terbuat dari baja tahan karat dan dapat mengukur sampai 0,025mm atau 0,001". Dengan demikian penggunanya jauh lebih teliti dan praktis daripada jangka kaki atau jangka bengkok.
Bentuk alat ini bermacam macam demikian pula ukurannya, ada yang salam milimeter dan ada pula yang dalam inci dan milimeter(gabungan). Masing masing kemampuan mengukurnyapun berbeda beda pula, ada yang mampu sampai 0,1mm - 0,05mm - 0,001" - 1/128" dll.
Nama nama bagian jangka geser ialah : mistar ukur, rumah geser, rahang pengukur, ekor/batang kedalaman dan mur pengikat. Pada mistar ukur terdapat garis garis ukur dalam ukuran inci atau milimeter. Pada salah satu sisi nya terdapat alur tempat kedudukan bagian ekor. Rumah geser terpasang pada mistar ukurd dan dapat bergeser sepanjang mistar tersebut. Pada rumah geser ini terdapat garis garis dan angka angka ukur(nonius). Bagian ekor berbentuk segiempat pipih dan letaknya pada mistar yang beralur. Bagian ini gunanya untuk mengukur kedalaman lubang atau tingginya suatu benda. Jika rumah geser itu digeserkan , bagian ini ikut bergeser pula. Rahang jepit terdiri dari 2 pasang, sepasang rahang untuk mengukur diameter luar, dan sepasang lainnya untuk mengukur diameter lubang. Mur pengikat gunanya untuk mengikat rumah geser terhadap mistar agar kedudukanya tidak berubah setelah dipakai melakukan pengukuran.

Post a Comment

0 Comments