Pengertian Dan Cara Menggunakan Dial Gauge atau Dial Indicator

Dalam dunia otomotif banyak alat ukur yang sering digunakan. Dalam hal ini kita akan membahas tentang dial gauge atau ada yang sering menyebut dial indicator.
Dial gauge atau dial indicator adalah alat ukur yang dipergunakan untuk memeriksa atau mengukur kebngkokan poros, runout, kesejajaran, kerataan, dan lain lain. Di dalamnya terdapat mekanisme spesial yang dapat memperbesar gerakan yang kecil. Ketika spindle bergerak sepanjang permukaan yang diukur, gerakan ini diperbesar oleh mekanisme pembesar dan selanjutnya ditunjukan oleh penunjuk(pointer).
Klasifikasi tingkat pengukuran ditunjukan pada permukaan dial. Klasifikasi menunjukan skala terkecil, dan tingkat pengukuran menunjukan pembacaan maksimum. Skala dan outer ring dapat di putar ke "O" agar lurus dengan penunjuk. Pada dial juga terdapat penghitung putaran (revolution counter). Counter ini menunjukkan berapa kali penunjuk telah berputar.
Tidak seperti halnya alat ukur lain, dial gauge selalu digunakan bersama alat penopang (supporting tool). Umumnya magnetic stand digunakan untuk mengukur automotive parts. Dial gauge juga dibuat dalam bentuk caliper gauge dan inside deal gauge.

Post a Comment

3 Comments

  1. informatif sekali, bagus banget tapi lebih menarik kalo dikasih gambar di artikelnya. kapan" mampir ke blog ane juga ya septinowibowo.id

    ReplyDelete